Kopi Bikin Orang Rajin Jadi Malas

Kopi Bikin Orang Rajin Jadi Malas


Jika Anda terbiasa dengan meminum secangkir kopi di pagi hari agar bisa 'melek' dan membangkitkan stamina, pikirkan lagi!

Penelitian terbaru menunjukkan justru fakta sebaliknya. Kopi dianggap merangsang sifat malas bagi penikmatnya.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of British Columbia menunjukkan bahwa kafein dan stimulan lainnya, seperti amphetamin- dalam kopi ternyata tidak membantu meningkatkan tingkat motivasi.

Ternyata, efek minum kopi berbeda-beda bagi setiap penikmatnya. Bagi mereka yang malas, kopi bisa membuatnya lebih bersemangat dan bertenaga. Namun sebaliknya, bagi mereka yang memang kepribadiannya rajin dan selalu bersemangat, minum kopi justru dapat menurunkan gairah dan mengendurkan motivasi, sehingga mereka lebih cenderung untuk bermalas-malasan.

Sebelum menyimpulkan hasil temuan yang dimuat dalam jurnal Nature's Neuropsychopharmacology, para peneliti telah melakukan percobaan menggunakan tikus yang dieksplorasi dengan stimulan. Tikus yang awalnya aktif dan pekerja giat, setelah diberikan asupan kopi dan amfetamin justru membuatnya menjadi kurang aktif. Sebaliknya, tikus yang malas yang biasanya menghindari tantangan, malah menjadi semangat untuk bergerak dan bekerja lebih keras setelah diberikan amfetamin.

"Setiap hari, jutaan orang menggunakan perangsang untuk melek, tetap waspada dan meningkatkan produktivitas mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa beberapa stimulan sebenarnya mungkin memiliki efek sebaliknya bagi orang yang sejak awal sudah aktif dan pekerja," papar pimpinan penelitian Jay Hosking dari University of British Columbia's Department of Psychology, dilansir melalui Dailymail, Senin (2/4).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagai Macam Pengelolaan Sumber Daya Alam Di Indonesia

SEGITIGA BERMUDA