Share It

Daily Calendar

Minggu, 26 Juni 2011

Berbagai Macam Pengelolaan Sumber Daya Alam Di Indonesia

ABSTRAK
Pengelolaan sumber daya alam harus dapat kita kerjakan,karena kita sebagai manusia saling membutuhkan sumber daya alam. Sumber daya alam terbagi menjadi dua golongan, yaitu sumber daya yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui.
Dalam undang-undang Dasar 1945 pasal 33,ayat 3 menyatakan “Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan di pergunakan untuk kemakmuran rakyat” jadi sumber daya alam atau kekayaan alam yang ada di tanah air ini harus kita jaga, lestarikan, dan kelola dengan lebih bijaksana. Jangan sampai sumber daya alam ini lebih di eksploitasi secara berlebihan tanpa mementingkan aspek masa yang akan datang.
Kekayaan alam yang ada di bumi ini akan tetap telihat indah bila kita manusia memperhatikan lingkungan di sekitar. Karena sumber daya alam ini akan bermanfaat bagi masa sekarang dan masa yang akan datang, tentunya untuk diwariskan bagi anak cucu kita nanti. ^_^

BAB I
PENDAHULUAN
Dalam Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia No.IX/MPR/2001 yang sesuai dengan Ayat 3 Pasal 33 dari Undang-Undang Dasar 1945 dinyatakan bahwa sumberdaya alam yang meliputi bumi, air, ruang angkasa dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya sebagai Rahmat Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia merupakan kekayaan nasional yang wajib disyukuri. Oleh karena itu harus dikelola dan dimanfaatkan secara optimal bagi generasi sekarang dan generasi mendatang dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan makmur.
Salah satu bagian dari sumberdaya alam yang potensial di negara kita adalah sumberdaya mineral yang penyebarannya meluas dari Sabang sampai Merauke, baik yang terletak di darat maupun di daerah lepas pantai. Selain endapan batubara, minyak bumi dan gas alam, sumberdaya mineral tersebut merupakan bahan galian logam, bahan galian industri dan bahan bangunan. Sebagian dari bahan galian mineral logam seperti emas, perak, timah, nikel, tembaga dan sebagainya telah ditambang, tetapi masih banyak potensi yang belum dieksploitasi, bahkan belum dselidiki atau dieksplorasi.
Secara umum, penyebaran bahan galian logam terdapat didaerah pegunungan karena berkaitan dengan kegiatan intrusi dan ekstrusi magma di daerah-daerah pegunungan yang terangkat karena gerakan tektonik akibat benturan antara Lempeng Benua. Misalnya, penyebaran mineral logam di sepanjang Pegunungan Bukit Barisan di Sumatra, Pegunungan Selatan Pulau Jawa - Nusatenggara, Pegunungan Meratus di Kalimantan, Pegunungan yang memanjang dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah sampai Sulawesi Utara, Pegunungan di Kepulauan Maluku, dan Pegunungan di Irian Jaya. Deretan pegunungan-pegunungan tersebut terbentuk karena terjadinya benturan antara Lempeng Benua. Lempeng yang merupakan dasar Samudra Hindia bergerak kearah utara sehingga membentur Paparan Sunda yang stabil. Sebagai akibatnya terjadilah pengangkatan daratan yang membentu pegunungan di daerah Sumatra dan Jawa. Di wilayah Indonesia bagian timur terjadi benturan antara tiga lempeng benua, yaitu antara Lempeng Samudra Pasifik, Lempeng Benua Australia dan Paparan Sunda.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Sumber Daya Alam

Apa itu sumber daya alam? Sumber daya alam adalah semua kekayaan yang berupa benda mati maupun hidup yang berada di bumi dan dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup manusia. Pengertian sumber daya alam ditentukan bagi kebutuhan hidup dan pola hidup manusia. Oleh karena itu, nilai sumber daya alam harus ditentukan oleh nilai kemanfaatannya bagi kehidupan manusia. Lahan yang subur dapat dijadikan sebagai daerah pertanian dan lain-lain sehingga merupakan sumber daya alam yang mempunyai nilai yang sangat tinggi dan Manusia merupakan sumber daya yang sangat penting dan berguna bagi negara.

B.     Beberapa Macam Sumber Daya Alam

Berdarkankan bagian atau bentuk yang dapat dimanfaatkan, sumber daya alam dapat diklasifikasikan menurut beberapa hal yaitu:
a.      Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui (renewable resources)
Disebut sebagai sumber daya alam yang dapat diperbarui, karena alam mampu mengadakan pembentukan baru dalam waktu relatif cepat. Dengan demikian, sumber daya alam ini tidak akan habis. Pembaruan bisa terjadi dengan dua jalan, yaitu secara reproduksi atau dengan adanya siklus.
1)   Pembaruan dengan reproduksi. Pembaruan ini terjadi pada sumber alam hayati, karena hewan dan tumbuhan dapat berkembang biak sehingga jumlahnya selalu bertambah.sekalipun demikian,bila pengelolaannya tidak tepat, suber daya alam hayati akan punah, maka alam tidak dapat memperbarui atau membentuk lagi. Seringkali aktivitas manusia yang kurang bertanggung jawab bisa menyebabkan sumber daya alam hayati menurun kualitas dari keanekaragamannya.
2)   Pembaruan dengan adanya siklus. Beberapa sumber daya alam, misalnya air dan udara terjadi dalam proses yang melingkar membentuk siklus. Dengan demikian, selalu terjadi pembaruan. Aktivitas manusia seperti berikut dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sumber daya alam.
·         Pencemaran udara akan menurunkan kualitas atmosfer bumi, serta
·         Penerbangan hujan dapat menurunkan kualitas air tanah dan menimbulkan banjir.
b.      Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui (unrenewable resource)
Sumber daya alam ini terdapat dalam jumlah yang relatif statis karena tidak ada penambahan atau pembentukannya sangat lambat bila dibandingkan dengan umur hidup manusia. Jadi pembentukannya itu memerlukan waktu yang sangat lama bahkan bisa beratus tahun bahkan bisa berjuta tahun. Nah.....!!! manusia pun tidak dapat memanfaatkannya selama 2-3 generasi karena sumber daya alam ini akan dapat habis.
Contoh : Bahan mineral, batu bara, gas alam, dan sumber daya alam fosil lainya. Berdasarkan daya pakai dan nilainya konsumtifnya, sumber daya alam di bedakan menjadi dua golongan sebagai berikut:
1)        Sumber daya alam yang tidak cepat habis. Tidak cepat habis karena nilai konsumtif terhadap barang itu yang relatif kecil. Manusia hanya memanfaatkannya dalam jumlah sedikit. Di samping itu, sumber daya alam ini dapat dipakai secara berulang-ulang hingga tidak cepat habis. Contoh : emas, intan, batu permata, logam.
2)        Sumber daya alam yang cepat habis. Cepat habis karena nilai konsumtifnya relatif tinggi. Manusia menggunakan dalam jumlah yang banyak, sehingga sumber daya ini akan cepat habis. Disamping itu daur ulangnya pun sukah dilakukan. Contoh: bensin, gas alam, dan bahan bakar lainnya (PERTAMAX).

C.    Pengelolaan Sumber Daya Alam Berdasarkan Prinsip Berwawasan Lingkungan dan Berkelanjutan.

1.    Kerusakan Sumber Daya Alam
Ketersediaan sumber daya alam dipermukaan bumi sangat beragam dan penyebarannyatidak merata. Ada sumber daya alam yang melimpah  dan ada pula yang jumlahnya terbatas atau sedikit. Bahkan, ada yang sekali diambil habis.
Bila terjadi ketidakseimbangan antara jumlah penduduk dan persediaan sumber daya alam, maka lingkungan hidup bisa berubah. Perubahan, sebagai akibat kegiatan manusia yang hasilnya bisa baik dan bisa buruk. Contoh perubahan lingkungan ke arah yang buruk adalah pencemaran lingkungan. Ada 3 pencemaran lingkungan secara umum, yaitu : pencemaran udara, air dan tanah. Umumnya, kerusakan sumber daya alam diakibatkan oleh pengelolaan tanpa perhitungan. Bentuk-bentuk kerusakan sumber daya alam di indonesia antara lain sebagai berikut.
a.      Pertanian dan Perikanan
Penggundulan hutan merupakan salah satu contoh kerusakan yang diakibatkan oleh kegiantan pertanian kadang berpindah. Tempat yang ditinggalkan menjadi kurang subur dan ditumbuhi alang-alang. Akibat jauh saat musim hujan, akan terjadi proses pengikisan tanah permukaan yang intensif. Hal ini bisa menyebabkan banjir. Sementara itu, saat musim kemarau tempat seperti itu akan mengalami kekurangan air.
Contoh lain yaitu dengan pemupukan dan penyemprotan hama yang berlebihan,bisa menyebabkan timbulnnya jenis hama yang baru dan kebal terhadap terhadap zat kimia tersebut. Dalam hal pemupukan, larutan pupuk yang ikut bersama buangan irigasi akan mengganggu keseimbangan ekosistem di daerah perairan tersebut.
Cara penangkapan ikan yang salah, seperti dengan cara memberi racun atau meracuni apalagi dengan menggunakan bahan peledak dan kejut setrum listrik, tidak saja ikan yang besar mati, tetapi larva ikan-ikan yang kecil juga banyak yang mati.
b.      Teknologi dan Indusri
Perkembangan teknologi yang pesat mempercepat dan mempermudah manusia dalam mengolah alam. Hanya saja dalam penggunaan teknologi harus tepat dan sesuai dengan suatu keadaan daerah. Pemanfaatan teknologi yang tidak tepat dan tidak sesuai akan mengubah lingkungan menjadi buruk.
Contohnya dalam penggunaan alat atu teknologi pabrik yang dapat mencemari dan merusak lingkungan “ macam-macam pencemaran lingkungan seperti :

1)      Pencemaran udara
Air_pollution_1.jpg
Hasil limbah industri, limbah pertambangan dan asap kendaraan bermotor dapat mencemari udara. Asap-asap hasil pembuangan tersebut terdiri atas karbondioksida, monooksida dan belerang dioksida, sehingga dapat mengakibatkan hawa menjadi pengap dan naiknya suhu permukaan bumi. Selain itu juga dapat meracuni dan mematikan makhluk hidup disekitarnya.

2)      Pencemaran suara
polusi-udara-02.gif
Pencemara suara dapat di timbulkan dari suara kendaraan contoh seperti bisingnya suara mobil, kereta api, pesawat udara dan jet. Di tempat hiburan pula terjadi pencemaran suara seperti tape yang diputar secara keras akan menimbulkan gangguan terhadap manusia seperti gangguan syaraf ( kerusakan pada alat pendengaran).
3)      Pencemaran air
pencemaran_air1.jpgpencemaran laut.jpgpencemaran-air-sungai.jpg
Pembuangan sisa-sisa industri secara sembarangan bisa mencemarkan sungai dan laut. Jika sungai dan laut tercemar, akibatnya banyak ikan dan mikrobiologi yanghidup di dalamnya tidak mampu hidup lagi. Selain itu air sungai dan air laut yang tercemar akan mengalami perubahan negatif sehingga manusia sulit untuk menemukan sumber air yang sehat dan bersih. Tidak hanya itu, di sekitar kita pada umumnya banyak pemakaian deterjen juga mencemari airdari busa atau sisa-sisa sabun yang sudah tidak bisa dinetralkan lagi. Sehingga air yang mengandung deterjen tidak baik untuk diminum.
c.       Gunung Meletus
Material gunung meletus juga dapat merusaklingkungan sekitar,misalnya:
1)      Lava dan lahar dapat merusak apa saja yang dilewatinya.
2)      Lahar dingin, dapat merusak areal pertanian dan daerah pemukiman penduduk serta bangunan lainnya.
3)      Debu-debu gunung api yang berterbangan di udara, dapat menyebabkan radiasi matahari dan membahayakan penerbangan.
4)      Sumber-sumber air menjadi kering, sehingga tumbuh-tumbuhan banyak yang mati.
5)      Gunung api yang meletus dasyat, dapat menimbulkan korban binatang, tumbuhan bahkan manusia.
d.      Gempa Bumi
Gempa bumi adalah suatu getaran pada kulit bumi karena akibat proses tenaga endogen. Gempa bumi dapat berupa gempa vulkanik, gempa teknonik, atau gempa terban (runtuhan). Kerusakan lingkungan akibat gempa bumi antara lain:
·      Jalan raya, jembatan,  rumah penduduk dan bangunan lain rusak.
·      Permukaan bumi ada yang retak sehingga mengakibatkan jaringan telpon rusak.
·      Gempa bumi yang terjadi di dasar lautdapat menimbulkan gelombang bumi (tsunami) dan dapat mengancam yang ada di daratan terutama di pesisir dan pantai.
e.       Musim kemarau
Musim kemarau yang panjang dapat merusak lingkungan antara lain sebagai berikut:
a.       Tumbuh-tumbuhan banyak yang mati.
b.      Sungai dan danau akan menjadi kering sehingga dapat merugikan daerah pertanian.
c.       Sumur-sumur dan sumber air kering.
d.      Sering kali terjadi kebakaran hutan.
2.    Pengelolaan Sumber Daya Alam Berdasarkan Prinsip Berwawasan Lingkungan dan Berkelanjutan.
Pengelolaan sumber daya alam harus hati-hati. Prinsipnya, berwawasan lingkungan dan berkelanjutan agar tetap terjaga kelestariannya.
Sumber daya alam perlu dilestarikan dan dijaga supaya dapat mendukung makhluk hidup. Bila sumber daya alam rusak maka kehidupan bisa terganggu. Beberapa hal dapat diusahakan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam adalah sebagai berikut.
a.    Penghijauan dan reboisasi
penghijauan.gifPIC_0007.JPG20090310barliyanto12-bangkapos.jpg
Usaha penghijauan dan reboisasi untuk mencegah rusaknya lingkungan yang berhubungan dengan air, tanah, dan udara. Keuntungan pelaksanaan penghijauan antara lain sebagai berikut:
·         Tumbuh-tumbuhan dapat menyaring dan mengatur air,untuk mecegah banjir dan dapat menimbulkan mata air.
·         Tumbuh-tumbuhan dapat menyuburkan tanah. Dau-daun yang berguguran lama kelamaan akan menjadi humus yang berguna bagi tanah dan tanaman lainnya, juga mencegah erosi atau tanah longsor. Tumbuhan pun dapat menimbulkan udara yang segar.
·         Tumbuh-tumbuhan menimbulkan udara yang sehat, sebab tumbuhan mengambil CO2  dan melepaskan O2 yang diperlukan untuk bernapas. Hal ini terjadi pada sistem fotosintesis.
b.   Pengolahan Air Limbah
Sumber air limbah dapat berasal dari rumah tangga, industri dan pabrik. Air limbah yang masuk ketanah akan merembes dan dapat merusak struktur tanah. Hal itu bukan tanah saja yang tercemar, tetapi air di bawah tanah juga akan tercemar.
729283_musama.jpglimrt10.gif
Salah satu usaha untukmengatasi air limbah adalah sebagai berikut:
·         Pengaturan lokasi industri agar jauh dari pemukiman penduduk.
·         Industri atau pabrik yang menimbulkan air limbah, wajib memasang pengendalian air limbah atau instalasi air limbah (water treatment).
·         Daerah industri dijauhkan dari peredaran air yang berhubungan langsung dengan sumber air penduduk.
·         Menemukan sumber bahan beracun dan melakukan netralisasi secara kimia.
·         Mencegah agar saluran air limbah jangan sampai bocor.
·         Unsur-unsur yang tidak dapat dinetralisasikan harus di buang dengan cara di pendam/ditanam di dalam tanah yang jauh dari air, atau dibuang kelaut dengan menggunakan drum-drum yang terbuat dari bahan anti karat.

c.    Penertiban pembuangan sampah
Sampah dapat menimbulkan permasalahan, seperti sarang penyakit, menimbulakan bau busuk dan mengganggu pemandangan mata. Oleh sebab itu buanglah sampah pada tempatnya, janganlah buang sampah sembarangan.
asampah.jpg 01c5ee8c28a138a405c81c0a505779fa.jpg
Cara atau sistem pemusnahan sampah, antara lain sebagai berikut:
·         Dibakar, cara ini harus bisadilakukan di tempat yang tidak menimbulkan polusi udara yang dapat mengganggu lingkungan.
·         Sisa sampah yang berupa dari sisa makanan bisa dijadikan untuk pakan ternak dan lainnya.
·         Untuk biogas. Gas sampah yang membusuk dapat digunakan untuk keperluan memasak dan penerangan.
·         Untuk bahan pupuk. Sampah yang membusuk akan menjadi bahan organik dan dapat digunakan sebagai bahan pupuk bagi tanaman.

D.    Pemanfaatan Sumber Daya Alam Secara Ekoefisien

Dalam memanfaatkan sumber daya alam,manusia perlu berdasar pada prinsip ekoefisien. Yang artinya tidak merusak ekosistem, pengambilan secara efisien, dan memikirkan kelanjutan sumber daya alam itu.
Pembangunan yang berkelanjutan bertujuan pada terwujudnya sumber daya alam untuk mendukung kesejakteraan manusia. Hal itu berarti, prioritas utama pengelolahan SDA adalah pada upaya pelstarian lingkungan.
Ada dua pendapat mengenai sumber daya alam yang berkelanjutan. Pendapat pertama dikemukakan oleh praktisi pembangunan dan pendapat kedua oleh para praktisi lingkungan.
Menurut para praktisi pembangunan, pembangunan yang berkelanjutan bertujuan pada tersedianya sistem progam, sarana prasarana, sumber daya manusia,dan dana untuk memenuhi kesejakteraan manusia. pendapat ini menekan pada upaya pembangunan segala sumber daya yang ada untuk pelaksanaan pembangunan.
Menurut para praktisi lingkungan, pembangunan yang berkelanjutan harus memikirkan keselestarian sumber daya alam untuk masa yang akan datang. Pendapat ini menekankan keuntungan ekonomis pada saat ini hingga masa yang akan datang.

Dalam pembangunan berkelanjutan perlu dilakukan berbagai upaya berikut.
a.         Menyatukan presepsi tentang pelestarian/konservasi biosfer.
b.         Menstabilkan populasi bumi,baik daratmaupun laut.
c.         Melanjutkan atau mengamankan penggunaan sumber daya alam.
d.        Menggunakan sumber daya alam secara ari dan bijaksana.
e.         Mendukung pengelolaan dan pengembangan sumber daya alam.
f.          Mengefektifkan implementasi peraturan-peraturan konservasi keanekaragaman hayati.
Dunia pendidikan berperan penting dalam mendukung, mengimplementasikan, dan mengembangkan progam pembangunan berkelanjutan. Anak didik harus dibekali dengan hal berikut:

a.         Ilmu dan teknologi yang berhubungan dengan permasalahan/isu lingkungan global.
b.         Menyusun kesatuan materi ajar yang tekait dengan ilmu teknologi kemasyarakatan.
c.         Melakukan pendekatan terintergrasi untuk pembelajaran lingkungan.
d.        Melibatkan dukungan publik dalam melaksanakan kegiatan studi mengenaim lingkungan.

1.        Pemanfaatan Sumber Daya Alam Nabati
pepaya.jpgtea1.jpgjagung.jpg
a.       Sebagian besar sumber daya pangan, berasal dari tanaman budi daya. Tanaman yang kita manfaatkan sebagai sumber karbohidrat ialah padi, jagung, ubi, kayu dan ubu-ubi lain, seperti gandum dan lainnya. Yang kita manfaatkan sebagai sumber lemak ialah kelampa, kelapa sawit, kacang tanah. Sedangkan sebagai sumber protein adalah kedelai, kacang hijau, dan jenis lainnya. Sayur dan buah-buahan kita manfaatkan sebagai sumber vitamin dan mineral.
b.      Tumbuhan juga dapat kita manfaatkan sebagai sumber sandang pangan, misalnya tanaman yang menghasilkan serat.
c.       Beberapa jenis tanaman dimanfaatkan manusia sebagai sumber minyak obat, antara lain seperti cengkeh, kayu putih, sereh dan lainnya. Tanaman ini sebagian sudah dibudidayakan, tetapi sebagian besar masih tubuh liar di hutan. Prospek hasil hutan sangat menarik,sehinnga hutan dijadikan untuk sumber daya alam yang sangat penting.
d.      Berbagai jenis tanaman, dimanfaatkan manusia sebagai tanaman hias, seperti tanaman anggrek dan tanaman hias lainnya.
e.       Berbagai jenis kayu, telah dimanfaatkan sebagai bahan baku mebeul, seperti kayu jati yang telah banyak dibudidayakan. Kayu hutan ini sebagian dapat diekspor ke luar negri. Tidak hanya itu kayu juga bisa dijadikan kerajinan contoh kerajinan dari kayu rotan dan lainnya.
f.       Untuk keperluan industri, orang membudidayakan beberapa jenis tanaman antara lain teh,kopi, tebu, tembakau, dan lainnya. Tanaman ini merupakan tanaman industri yang mempunyai hasil atau keuntungan yang besar bagi negara.
2.        Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hewani
kambing-copy-300x207.jpgz0ruwosb.jpginforesep-sate-ayam-banyumas.jpg
a.       Sumber daya alam hewani juga dimanfaatkan sebagai sumber pangan dan sumber sandang. Pakaian manusia, sebagian dibuat dan dihias dengan bulu atau kulit hewan. Misalnya, bulu beruang kutub untuk dijadikan jaket atau mantel, kulit ular, buaya, domba,sapi bisa dijadikan berbagai macam perlengkapan seperti tas, dompet, sabuk dan bedug (dari kulit domba/sapi). Tidak hanya itu saja dagingnya pun bisa dijadikan makanan khas yang bervariasi.
b.      Dalam kaitannya dengan benda-benda budaya, hewan dimanfaatkan sebagai benda-benda hasil seni atau kerajinan tangan manusia. Misalnya, lokan disusun dan dirangkai menjadi benda-benda perhiasan selain itu, hewan-hewan yang bulunya indah diawetkan sebagai hiasan rumah.
c.       Sumber daya alam hewani juga dimanfaatkan dalam meningkatkan nilai kehidupan dan nilai budaya manusia. Bentuk dan cara hidup hewan dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi untuk menciptakan hasil karya dan hasilcipta manusia. Misalnya, bentuk sayap dan cara burung terbang memberikan inspirasi pengembangan industri pesawat terbang, sedangkan kicau burungnya memberikan inspirasi untuk menciptakan lagu.
3.        Pemanfaatan Sumber Daya Alam Barang Tambang
Untitled2_2009_9_4-13_45_13.jpg
Undang-undang dasar 1945 pasal 33, ayat 3 menyatakan. “ Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan di pergunakan untuk kemakmuran rakyat”.
Berdasarkan ayat diatas, segala sesuatu yang terkandung di dalam bumi indonesia, termasuk barang tambang, dikuasai oleh negara.
Barang tambang indonesia terdapat di darat dan di laut. Untuk mengolah barang tambang tersebut diperlukan banyak modal, tenaga ahli, dan teknologi tinggi. Kekayaan alam yang terkandung di bumi indonesia dapat dikelola oleh pihak swasta maupun asing asalkan telah mendapat izin dari pemerintah. Izin tersebut disebut konsesi. Biasanya, pengaturan dilakukan dengan sistem bagi hasil.
Usaha pertambangan didahului dengan penyelidikan (eksploitasi) untuk mengetahui jumlah cadangan barang tambang yang tersedia. Setelah itu, baru di usahakan atau diambil hasilnya.
Pertambangan secara besar-besaran di indonesia dengan menggunakan peralatan modern, terutama dilaksanakan untuk bahan tambang penghasil energi dan mineral logam. Usaha pertambangan dan bahan galian dalam pembangunan indonesia mempunyai peranan sebagai berikut.
a.       Menambah pendapatan negara karena bahan tambang dapat diekspor ke luar negeri.
b.      Memperluas lapangan kerja.
c.       Memajukan bidang transportasi, teknologi dan komunikasi.
d.      Memajukan industri dalam negri.
Usaha pertambangan memerlukan perencanaan yang baik sebab:

a.       Harus selaras dengan usaha menjaga kelestarian lingkungan hidup.
b.      Memerlukan modal besar, tenaga ahli yang terampil, dan teknologi yang memadai.
Pemanfaatan sumber daya alam barang tambang adalah sebagai berikut:
a.       Minyak bumi digunakan untuk penerangan rumah, tenaga penggerak mesi pabrik, dan untuk bahan bakar kendaraan bermotor ( bensin – solar ).
b.      Gas alam digunakan untuk bahan bakar rumah tangga dan industri.
c.       Batu bara digunakan untuk mesin atau pemberi tenaga.
d.      Tanah liat untuk bahan membuat bata dan gerabah.
e.       Kaolit untuk bahan pembuat porselin.
f.       Gamping sebagai bahan perekat bangunan, semen dan kapur.
g.      Pasir kuarsa sebagai bahan pembuat kaca.
h.      Pasir besi sebagai pembuat semen.
i.        Marmer digunakan untuk menghisan lantai, tembok dan dinding.
j.        Alumunium digunakan untuk industri pabrik mobil, motor,kapal udara, dan alat rumah tangga.
k.      Tembaga digunakan sebagai pembuatan bahan kabel dan industri bahan perunggu dan kuningan.


BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
Semua kekayaan alam di bumi dapat kita manfaatkan bagi kebutuhan mahluk hidup. Akan tetapi kita juga harus bisa mengelola, menjaga, memperhatikan, membudidayakan dan memberikan pengertian tentang sumber daya alam kepada generasi-generasi, supaya sumber daya alam dapat terjaga sampai generasi yang akan datang.
B.     Saran
Masalah kerusakan sumber daya alam dan lingkungan dikarenakan pemerintah kurang memperhatikan tindakan-tindakan manusia yang kurang selektif mengeksploitasi sumber daya alam, sehinngga kerusakan tersebut dapat menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup di sekitarnya.
Oleh sebab itu harus mulailah memperhatikan lingkungan disekitar kita dari sekarang. Perbaiki kerusakannya dan perbarui lingkungannya.


“Salam Semangat Untuk Geogeneration”


DAFTAR PUSTAKA

 buku paket geografi SMA.

1 komentar: